woodworking

Jenis Lem Kayu Untuk Furniture

Deny Setyawan | Selasa, 19 Maret 2019 - 15:30:06 WIB | dibaca: 223 pembaca

 

  

JENIS LEM KAYU UNTUK FURNITURE

 

Di dalam industri mebel , furniture atau woodworking , selain kayu, salah satu yang selalu yang selalu diperlukan yaitu lem/perekat yang baik untuk menunjang kebutuhan industri furniture.

Jenis Lem  kayu pun sangat banyak, namun yang digunakan oleh industri mebel atau furniture hanya jenis-jenis tertentu karena memiliki banyak kegunaan.

 

Jenis tersebut seperti Lem Epoxy, Lem Putih atau PVAc, Lem Busa atau Polyurethaneserta Lem super atau cyanoacrylate adhesive.

Berikut simak penjelasan tentang berbagai jenis Lem Kayu untuk furniture :

1.  Lem Epoxy

Jenis lem kayu ini termasuk jenis lem kayu yang banyak digunakan untuk furniture atau industri mebel. Epoxy terdiri dari dua komponen yaitu resin dan hardener. Sifatnya mengisi permukaan pada komponen yang disambung, mempunyai teksture yang keras, tahan air, kuat, dan termasuk bahan kimia yang tahan temperature tinggi, dengan sifat tersebut epoxy cukup bagus untuk di aplikasikan ke dalam mebel atau furniture.

 

Kekurangan bahan lem ini yaitu mempunyai jejak lem yang cukup terlihat sifat kerasnya yang menjadi bumerang. Sebab permukaan benda yang di lem bergerak atau menyusut sedikit saja, maka lem akan pecah

 

2.  Lem PVAC

PVAc atau yang biasa kita sebut sebagai lem putih ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan mebel atau furniture, PVA dijual dalam bentuk emulsi di air, sebagai bahan perekat untuk bahan-bahan berpori, jadi PVAc dapat digunakan untuk semua material memiliki permukaan berpori, Hal ini karena sifat dasarnya yang elastis. Lem PVAc juga sering dipakai dalam proses pelapisan veener, Keunggulan lem ini yaitu tidak ada bekas, atau jejak lem yang terlihat, sebab saat lem ini mengering akan bewarna bening.

  

3.  Lem busa atau Polyurethene 

 

  

Seperti namanya, lem ini diberi nama lem busa karena ketika sudah kering lem ini akan berbentuk seperti busa atau foam. Jenis lem ini memiliki bahan dasar synthetic Polyurethane yang tahan terhadap cuaca. Lem ini dipakai sebagai perekat sambungan Finger joint serta butt joint. Untuk industri mebel garden atau mebel luar ruangan sangat cocok karena weather reactance serta mengisi rongga kosong pada sambungan, namun kekurangannya kekuatan lem ini kurang bila diterapkan pada struktur  konstruksi yang utama pada mebel.

  

4.  Lem Super atau cyanoacrylate adhesive

 

Lem yang satu ini lebih sering disebut dengan lem alteko. Alteko merupakan lem super yang pertama dan sering dipakai oleh industri mebel. Lem ini berbentuk cairan yang bening dengan glue line menyesuaikan residu material yang direkatkannya. Umumnya lem ini dipakai untuk reparasi kerusakan yang kecil , misalnya retak kecil pada ujung produk. Adanya produk ini dapat menjadi penyelamat ketika finishing produk mebel yang perlu perbaikan dalam waktu yang terbatas. Lem ini dapat mengering dalam hitungan detik saja.

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)