woodworking

Lem Kayu

Berbagai Jenis Lem Kayu dan Kegunaanya hingga Jenis Lem Kayu paling kuat

Deny Setyawan | Rabu, 13 Februari 2019 - 16:42:37 WIB | dibaca: 290 pembaca

 

 

Proses perekatan atau pengeleman kayu merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam industri woodworking saat ini, Kayu laminasi, partikel board, plywood, veneer yang banyak digunakan dalam industri woodworking saat ini semuanya membutuhkan proses pengeleman.

Pada industri furniture atau mebel, pengeleman juga dibutuhkan pada proses assembling untuk menyatukan potongan komponen-komponen kayu menjadi satu produk mebel, Maka dari itu para pelaku industri woodworking harus bisa menentukan produk jenis lem kayu yang paling tepat untuk digunakan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkannya.

 

Jenis – jenis Lem Kayu dan Kegunaanya :

1. Lem PVAc

 

Lem PVAc atau yang biasa disebut Lem Putih PVAc, merupakan lem yang terbuat dari bahan dasar polimer polyvinyl acetate. Tipe lem kayu seperti ini paling banyak digunakan di industri woodworking karena kualitasnya yang secara umum lebih baik dan tidak menimbulkan bekas lem, karena ketika lem mengering, lem akan bewarna bening.  Lem jenis ini dapat juga  di gunakan untuk menempelkan jenis kayu, koraltex, kertas, bahkan ampuh juga digunakan sebagai plamir tembok.

Formulasi khusus yang kami sajikan untuk produk PVAc berbagai jenis ragamnya, dengan kualitas terbaik dan dibuat sesuai kebutuhan pengguna industri kayu , seperti salah satu produk unggulan kami ALFABOND 4351 W – SR yang mempunyai banyak keunggulan diantaranya seperti tahan air, dan daya kekuatan perekatnya tinggi.

2.  LEM EPOXY

Lem epoksi adalah lem yang penggunaannya melibatkan dua komponen. Satu komponen berupa resin dan komponen yang lain berupa hardener. Dalam penerapannya, Epoksi sendiri sering dicampurkan dengan bahan hardener atau bahan pengeras, agar merubah sifat cair epoksi menjadi padat, dan membuatnya menjadi semakin kuat, tahan terhadap suhu tinggi, serta memiliki tahanan terhadap reaksi kimia yang cukup tinggi. Meski tak sekuat lem PVAc, epoksi memiliki ketahanan terhadap suhu yang bagus. Dalam hal pemanfaatannya, hingga saat ini, epoksi dikenal sebagai bahan insulator alat elektronik, bahan pembuatan produk-produk metal, hingga adhesive kayu.

3.  Polyurethane

  

Lem jenis ini disebut juga lem busa, karena ketika sudah kering lem ini akan berbentuk seperti busa atau foam. PU atau polyurethane juga dipakai sebagai perekat sambungan Finger Joint serta Butt Joint. Untuk industri mebel garden atau mebel luar ruangan sangat cocok karena weather reactance serta mengisi rongga kosong pada sambungan.

 

4.  Hot Melt

  

Hotmelt adalah sebutan bagi lem yang digunakan setelah proses pemanasan sehingga mencair. Hotmelt disebut lem panas artinya hanya bisa digunakan saat panas. Lem hotmelt banyak digunakan karena sifat atau daya rekat yang tinggi, tahan air, kuat dan cepat pengerjaannya karena sifatnya yang mudah membeku. Hotmelt memiliki berbagai macam bentuk seperti berbentuk stik, serbuk, ataupun kotak kecil. Produk hotmelt termasuk ALFABOND yang kami jual pun tersedia berbagai macam bentuk dan diformulasikan khusus sesuai kebutuhan pengguna.

5.  Lem Aica Aibon

Lem ini adalah lem perekat serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk melekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, kayu, dan karpet. Di dalam lem ini terkandung karet sintetis dan pelarut organik.

6.  Lem ethyl cyanocrylate

Lem dari bahan ethyl cyanocrylate sering juga disebut dengan "Lem Korea". Lem ini bisa Anda gunakan untuk melekatkan plastik, kayu, karet, logam, kulit, dan keramik.

7.   Lem sealant silicone rubber

Sealant memiliki daya rekat luar biasa terhadap kaca, kayu, karet, kanvas, beberapa jenis plastik, dan keramik. Umumnya, lem silikon ini digunakan untuk konstruksi akuarium.

  

Dari berbagai macam jenis lem kayu tersebut. Mana Jenis Lem Kayu paling kuat ?

Dari berbagai jenis lem diatas, pemilihan lem kayu paling kuat yang baik untuk kayu bisa ditentukan sesuai kebutuhannya masing-masing, atau yang tepat untuk spesifikasi produk yang dibutuhakan, salah satunya kami menyediakan produk ALFABOND, perekat atau lem yang khusus diformulasikan untuk keperluan industri kayu, Kami memproduksi berbagai viskositas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individu maupun industri. Aplikasi utamanya adalah untuk industri kayu umum, konstruksi flush panel, inti kayu dan pembuatan rotan untuk industri furnitur.

 

 

 

Dengan memiliki beberapa fitur keunggulan dan manfaat saat menggunakan ALFABOND :

•             Kekuatan perekat tingkat tinggi

•             Waktu pengaturan yang fleksibel

•             Cocok untuk aplikasi berkelanjutan dengan mesin spray

•             Membentuk lapisan kuat dan bening

•             Tidak ada perubahan warna

•             Tanpa Formalin (disertifikasi oleh laboratorium independen)

•             Tidak merusak mesin

Untuk detail produk, harga, sample, dan permintaan, dapat hubungi kami di :

Phone : 022-6866951

E-mail : csd@alfa-polimer.com

 

Addres : Jl. Industri Cimareme II no. 5 Padalarang, Bandung Barat 40553 - Indonesia.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)